MACAM-MACAM SISTEM KOMUNIKASI
Misalnya, penyedia keuangan bermaksud menyusun analisis biaya distribusi, sebagian mungkin melibatkan tenaga penjualan yang menyampaikan laporan khusus secara langsung kepada penyedia keuangan, dan tidak melewati media tradisional dalam bidang pemasaran.
Sistem komunikasi Vertikal : Komunikasi ini terjadi dan berlangsung dari atas maupun dari bawah. Komunikasi dari atas terjadi manakala manajer mengadakan komunikasi dengan para bawahannya dari jenjang hierarki yang lebih tinggi ke jenjang yang lebih rendah. sebaliknya, komunikasi dari bawah terjadi manakala bawahan mengadakan kontak lisan maupun tertulis dengan manajer, atau juga terjadi antara manajer pertama dengan manajer menengah, dan seterusnya.
Sistem Komunikasi Horizontal : Komunikasi ini terjalin antara departemen, unit, dan bagian dalam satu hierarki organisasi.
Dari ketiga Komunikasi di atas banyak bergantung pada kedelapan elemen penting yang harus slalu ada untuk menghasilkan komunikasi yang efektif. Kedelapan elemen pokok komunikasi menurut stoner dan wankel tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut,
1) Pengirim,
Pengirim adalah seseorang yang memiliki informasi kebutuhan atau keinginan, dan sebuah maksud untuk disampaikan kepada satu atau lebih orang lain.
2) Penyandian,
Aktivitas ini berlangsung manakala pengirim menerjemahkan informasi yang akan dikirim kedalam serangkaian simbol. Hal ini di pandang perlu karna informasi hanya dapat di transfer dari satu orang ke orang lain melalui gambaran atau simbol.
3) Pesan,
Pesan adalah bentuk fisik ketika pengirim menyandikan informasi.Dengan kata lain, pesan adalah suatu yang ingin disampaikan oleh seseorang kepada orang lain.
4) Saluran,
Saluran adalah media pengirim dari satu orang ke orang lain, seperti kata-kata yang diucapkan dan juga kertas untuk menulis pesan.
5) Penerima,
Penerima adalah yang indranya menangkap pesan dari sang pengirim.
6) Pengurai Sandi,
Proses penerimaan menafsirkan pesan dan menerjemahkannya ke dalam informasi yang lebih memiliki makna.
7) Gaduh,
Faktor-faktor yang dapat menghancurkan, membingungkan, dan mengganggu suatu komunikasi.
8) Umpan balik,
umpan balik adalah suatu perbalikan proses komunikasi ketika reaksi terhadap komunikasi pengirim dinyatakan/ditanggapi. Umpan balik tersebut memiliki berbagai bentuk. yaitu, umpan balik secara langsung, maupun tidak langsung.
0 komentar:
Posting Komentar